Logo SitusEnergy
Indonesia – Malaysia Sepakat Perangi Kampanye Negatif Soal CPO Indonesia – Malaysia Sepakat Perangi Kampanye Negatif Soal CPO
Jakarta, Situsenergi.com Dua negara yaitu Indonesia dan Malaysia bersepakat untuk bekerja sama untuk melawan berbagai kampanye negatif terhadap CPO (Crude palm oil). Sebagai negara... Indonesia – Malaysia Sepakat Perangi Kampanye Negatif Soal CPO

Jakarta, Situsenergi.com

Dua negara yaitu Indonesia dan Malaysia bersepakat untuk bekerja sama untuk melawan berbagai kampanye negatif terhadap CPO (Crude palm oil). Sebagai negara yang sama-sama menjadi produsen CPO terbesar di dunia, Indonesia dan Malaysia akan terus berupaya memerangi segala bentuk diskriminasi terutama yang berasal dari Eropa.

Presiden Joko Widodo sebelumnya sempat menyatakan bahwa pertemuannya dengan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim beberapa waktu lalu kedua negara juga akan memperkuat kerja sama melalui Council of Palm Oil Producing Countries untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Seperti diketahui, Uni Eropa berencana menghapus bahan bakar berbasis minyak kelapa sawit secara bertahap pada 2030 karena dianggap terkait dengan deforestasi.

Dalam pertemuan bilateral itu, PM Anwar dan Presiden Jokowi menandatangani delapan nota kesepahaman yang meliputi perkapalan, pembiayaan ekspor-impor, energi hijau, pengembangan industri baterai, yang menurut mereka akan memperdalam perdagangan lintas batas dan investasi.

Kedua pemimpin itu juga membahas rencana pembangunan ibu kota baru Indonesia, Nusantara, dengan PM Anwar menyerahkan 11 surat minat dari perusahaan Malaysia terkait kemungkinan investasi di ibukota baru tersebut, yang terletak di Kalimantan sebelah timur.
Ibu kota baru itu dapat meningkatkan pembangunan daerah, kata Anwar, dengan negara bagian Sabah dan Sarawak Malaysia yang terletak di bagian pulau tersebut.

“Kami berharap pembangunan ibu kota itu akan membawa manfaat yang lebih besar ke wilayah yang lebih luas, termasuk di Sabah dan Sarawak,” ujarnya. (DIN/SL)

BACA JUGA   Mantap! Hingga September 2020, Proyek Jargas PGN Melebihi Target

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *