Logo SitusEnergi
Gempa Tasikmalaya, Infrastruktur Energi Aman Gempa Tasikmalaya, Infrastruktur Energi Aman
Jakarta, situsenergy.com Tim Tanggap Bencana Badan Geologi, Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan tidak ada infrastruktur ESDM yang mengalami kerusakan akibat gempa... Gempa Tasikmalaya, Infrastruktur Energi Aman

Jakarta, situsenergy.com

Tim Tanggap Bencana Badan Geologi, Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan tidak ada infrastruktur ESDM yang mengalami kerusakan akibat gempa bumi 6,9 SR yang mengguncang Kota Tasikmalaya dan sekitarnya hari Jumat (15/12) lalu.

Pasca terjadinya gempa, Badan Geologi, Kementerian ESDM langsung mengirimkan Tim Tanggap Darurat untuk melakukan pemeriksaan dan penyelidikan di lokasi bencana.

“Begitu tiba, Tim Tanggap Darurat Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kementerian ESDM, langsung meluncur ke lokasi kejadian gempa bumi wilayah Kabupaten Tasikmalaya serta berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bancana Daerah (BPBD) setempat,” demikian disampaikan anggota Tim Tanggap Darurat, Nia Kurnia Praja dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Senin (18/12).

Setelah berkoordinasi, tim segera memasang peralatan seismograf di kantor BPBD Kabupaten Tasikmalaya untuk memantau jika ada gempa bumi susulan. Di samping itu tim juga melakukan pemeriksaan ke daerah terdampak, yaitu kecamatan Salawu, Kecamatan Singaparna, dan kecamatan terdampak paling besar, yaitu kecamatan Manonjaya.

Pada hari ini, Senin (18/12), Tim Tanggap darurat akan melanjutkan pemeriksaan ke lokasi lainnya. Selain melakukan pemeriksaan wilayah terdampak gempa bumi, Tim juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat serta memberi rekomendasi teknis kepada pemangku kebijakan di daerah.

BACA JUGA   Universitas Pertamina Siap Berikan Pendidikan Berkualitas

“Selain melakukan pemeriksaan gempa bumi, anggota tim juga melakukan sosialisai seputar gempa bumi dan mitigasinya, baik kepada masyarakat maupun aparat desa atau kecamatan setempat agar saat terjadi kejadian yang sama masyarakat dapat mengantisipasinya,” kata Nia.

Sebagaimana diketahui, gempa 6,9 SR yang mengguncang Kota Tasikmalaya dan sekitarnya terletak pada koordinat 108,11° BT dan 7,75° LS, pada kedalaman 107 km, berjarak 11 km barat daya Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Guncangan gempa bumi juga dirasakan di Pos Pengamatan Gunungapi Galunggung di Tasikmalaya, Papandayan dan Guntur di Garut dan Sindoro di Wonosobo dengan intensitas III – IV MMI (Modified Mercalli Intensity).

Sejauh ini guncangan gempa bumi tidak berpengaruh kepada aktivitas gunung api di sekitar pusat gempa bumi.(adi)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *