Logo SitusEnergi
ESDM Tunjuk Pertamina Kelola 8 blok migas, EWI: Harus Dievaluasi Mendalam ESDM Tunjuk Pertamina Kelola 8 blok migas, EWI: Harus Dievaluasi Mendalam
Jakarta, situsenergy.com Kalangan praktisi energi mengapresiasi Kementrian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) yang menunjuk PT Pertamina (Persero) untuk menggarap lapangan migas yang akan habis... ESDM Tunjuk Pertamina Kelola 8 blok migas, EWI: Harus Dievaluasi Mendalam

Jakarta, situsenergy.com

Kalangan praktisi energi mengapresiasi Kementrian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) yang menunjuk PT Pertamina (Persero) untuk menggarap lapangan migas yang akan habis masa kontraknya dari investor eksisting sebanyak 8 blok terminasi.

Direktur Eksekutif Energy Watch Indonedia, Ferdinand Hutahaean mengatakan, delapan blok migas terminasi yang akan diserahkan kepada Pertamina harus dievuasi secara mendalam agar ketika perusahaan pelat merah tersebut benar – benar seutuhnya mengelola tidak kedodoran.

Selain menyangkut belanja modal (Capex) yang membutuhkan anggaran cukup besar, evaluasi terkait besaran kandungan, kapasitas produksi hingga operasional di lapangan harus menjadi perhatian agar nantinya ketika resmi dikuasai Pertamina, secara bisnis Badan Usaha tidak terbebani.

“Ini perlu dievaluasi dulu, jangan sampai nanti penyerahannya kepada pertamina menjadi beban bagi pertamina pertama harus dievaluasi secara menyeluruh kandungannya berapa, produksinya berapa, operasionalnya apakah masih menguntungkan,” tutur Ferdinand ketika ditemui di Jakarta (28/02/18).

Di lain pihak, SKK Migas kemarin juga menyampaikan, Pertamina dinilai mampu dalam mengelola sejumlah blok yang akan habis masa kontraknya. Meski di satu sisi harus dilihat juga saat ini Pertamina yang juga sedang mengelola blok besar di Kalimantan Timur, Blok Mahakam.(AY)

BACA JUGA   Konsorsium Repsol Lakukan Eksplorasi di Blok Sakakemang

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *