Logo SitusEnergi
Earth Hour, Besok Pemprov DKI Gelar Pemadaman Lampu Earth Hour, Besok Pemprov DKI Gelar Pemadaman Lampu
Jakarta, situsenergy.com Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menggelar aksi pemadaman lampu selama satu jam pada Sabtu (24/3) sebagai bentuk kampanye Earth Hour. “Pemadaman... Earth Hour, Besok Pemprov DKI Gelar Pemadaman Lampu

Jakarta, situsenergy.com

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menggelar aksi pemadaman lampu selama satu jam pada Sabtu (24/3) sebagai bentuk kampanye Earth Hour.

“Pemadaman lampu selama satu jam itu adalah aksi simbolis yang berisi pesan edukasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar menghemat energi demi menjadikan Kota Jakarta lebih lestari,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Isnawa Adji di Jakarta, Jumat (23/3).

Saat Earth Hour besok, menurut dia, lampu-lampu akan dimatikan secara serentak mulai pukul 20.30 WIB hingga 21.30 WIB di tujuh ikon Kota Jakarta, antara lain Gedung Balai Kota, Monas, Patung Tugu Tani, Patung Pemuda, Patung Jenderal Sudirman, Patung Arjuna Wiwaha, Monumen Selamat Datang dan Simpang Susun Semanggi.

“Kami juga memadamkan lampu-lampu di kantor wali kota, kantor bupati, kantor dinas dan kantor kecamatan. Kami bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Energi DKI, Dinas Kehutanan DKI dan PLN Disjaya dalam kegiatan itu,” ujar Isnawa.

Dia menuturkan Jakarta sudah aktif mengikuti aksi pemadaman lampu dalam rangka kampanye Earth Hour sejak sepuluh tahun yang lalu. Penghematan penggunaan listrik dalam kampanye Earth Hour pada 2017 mencapai 157 mega watt dan menghemat biaya hingga Rp172,4 juta.

BACA JUGA   2.000 Nelayan Cilacap Konversi BBM Ke Bahan Bakar Ramah Lingkungan

“Kampanye Earth Hour itu juga berhasil mereduksi emisi gas rumah kaca sebesar 112,69 ton CO2 ekuivalen. Hal ini membuktikan bahwa hanya dengan memadamkan lampu selama satu jam, banyak penghematan yang kita dapatkan,” tutur Isnawa.

Sementara itu, sesuai dengan Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 28 Tahun 2018 tentang Pemadaman Lampu pada Pelaksanaan Kampanye Earth Hour 2018, dia mengharapkan agar seluruh warga ikut melaksanakan aksi pemadaman lampu.

Rencananya, dia menambahkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan melakukan kick off pemadaman lampu di Pendopo Balai Kota pada Sabtu (24/3) besok malam. (ert)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *