Logo SitusEnergy
Dukung Transisi Energi, PT SMI Siapkan Skema Pembiayaan dan Investasi Dukung Transisi Energi, PT SMI Siapkan Skema Pembiayaan dan Investasi
Jakarta, Situsenergi.com Direktur Utama PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) Edwin Syahruzad mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk terus menyediakan skema pembiayaan dan investasi dalam mendukung transisi... Dukung Transisi Energi, PT SMI Siapkan Skema Pembiayaan dan Investasi

Jakarta, Situsenergi.com

Direktur Utama PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) Edwin Syahruzad mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk terus menyediakan skema pembiayaan dan investasi dalam mendukung transisi energi.

“Komitmen dari berbagai pihak termasuk utamanya pemerintah untuk Indonesia ke arah transisi energi merupakan awal yang bagus. Kami sebagai Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengambil peran dalam hal ini,” kata Edwin dalam acara CEO Live Series #2 yang dipantau secara daring di Jakarta, Rabu (23/11/2022).

Edwin optimis, dengan semangat kolaborasi seluruh pihak bisa berjalan bersama-sama dalam mewujudkan transisi energi di Indonesia secara berkelanjutan, adil, dan terjangkau.

“Ada tiga komponen dalam transisi energi yang harus dicapai, yaitu percepatan pensiun dini dari PLTU, percepatan pembangunan dari energi terbarukan, dan transisi yang adil dan terjangkau,” tukasnya.

Menurutnya, usai ditunjuk secara resmi oleh pemerintah sebagai Country Platform ETM (Energy Transition Mechanism) Manager untuk mengelola kerangka pendanaan dan pembiayaan transisi energi di Tanah Air, PT SMI semakin berperan dalam transisi energi.

“ETM terdiri dari dua skema yakni skema Fasilitas Pengurangan Emisi (Carbon Reduction Facility/CRF) untuk pensiun dini PLTU di Indonesia, serta skema Fasilitas Energi Bersih (Clean Energy Facility/CEF) yang ditujukan untuk mengembangkan atau menginvestasikan pembangunan fasilitas energi hijau,” paparnya.

Lebih jauh Edwin menjelaskan, sebagai Country Platform ETM, pihaknya memobilisasi dana, membiayai, serta melakukan investasi untuk mendukung transisi energi dari berbagai sumber.

“Elemen terpenting di dalam mobilisasi dana tersebut adalah dukungan pemerintah, terutama dalam mendapatkan akses. Misalnya, perlunya jaminan dari pemerintah dalam suatu proyek seperti pinjaman konvensional,” ujarnya.

“Memang berbagai dukungan pemerintah itu bisa lebih mudah diakses, dimana nanti dalam pembiayaan campuran harapannya akan lebih kompetitif melalui PT SMI,” pungkasnya.(Ert/SL)

BACA JUGA   MENANGGALKAN WATAK PRIMITIF DEMI CITA-CITA KEMERDEKAAN

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *