Logo SitusEnergy
Catat Ya, RI Bakal Ganti LPG Untuk Rumah Tangga Catat Ya, RI Bakal Ganti LPG Untuk Rumah Tangga
Jakarta, situsenergi.com Pemerintah berupa menekan impor bahan bakar agar di masa mendatang ketergantungan impor dapat ditekan. Salah satu target pemerintah untuk menekan impor adalah... Catat Ya, RI Bakal Ganti LPG Untuk Rumah Tangga

Jakarta, situsenergi.com

Pemerintah berupa menekan impor bahan bakar agar di masa mendatang ketergantungan impor dapat ditekan.

Salah satu target pemerintah untuk menekan impor adalah dengan menggantikan LPG dengan Dimenthyl Ether (DME) yang selama ini digunakan untuk memenuhi energi rumah tangga.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan penggunakan DME ini dengan memanfaatkan gasifikasi batubara untuk menghasilkan gas metanol yang selama ini masih diimpor oleh Indonesia.

“Sampai kapan kita mau impor terus sedangkan batubara kalo diproses gasifikasi jadi DME, memang ketika pakai LPG 1 kg dibanding DME, DMEnya 1,3 kg kebutuhan dengan panas yang sama tapi harga DME lebih murah,” kata Erick dalam orasinya seperti dikutip di akun YouTube, Senin (29/11/2021).

Dikatakannya, penggunaan DME sebagai pengganti LPG dinilai tepat terlebih dalam rangka mengurangi impor LPG dimana untuk subsidinya saat ini telah mencapai Rp 60 triliiun rupiah.

“Hari ini kita masih impor metanol, LPG yang sekarang subsidinya sampai Rp 60 triliun, saya ngga tau tepat atau tidak sasarannya tapi ngga boleh suudzon,” kata dia.(SA/rif)

BACA JUGA   Kata Menteri ESDM Penyelewengan Solar Subsidi Bakal Ditindak Tegas

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *